Well well well,

siapa yang ga kenal sama merk dagang diecast yang satu ini, yup Hot Wheels ^_^

Hot_Wheels_logo

 

Hot wheels biasa di sebut dgn ‘HW’ dikalangan kolektor. Mobil mainan HW biasanya merupakan replika dari mobil asli. umumnya dengan skala 1/64. Meskipun demikian, ada juga mobil mainan HW yang berasal dari karya imajiner dan khayalan. Mainan ini dibuat oleh mattel inc dari Amerika.

Setiap tahun, HotWheels selalu mengeluarkan katalog terbarunya.  Jumlah setiap tahun pun berubah – ubah. namun biasanya diatas 160 model. Untuk model yang tahun ini sudah keluar, maka tahun depan tidak akan keluar lagi. kalaupun keluar, tentunya ada perbedaan di warna cat, tampo(decal), atau ban.

Disetiap katalog, mobil di bagi – bagi berdasarkan jenisnya. Saat ini, hotwheels dijual dengan harga Rp. 25000 perbuahnya. memang ini harga yang mahal untuk sebuah mobil seukuran segitu. tapi jangan salah, kekuatan mobil mainan hotwheels lebih baik ketimbang mainan lain yang lebih murah. Mobil ini bisa di mainkan di Track atau jalur yang sudah disediakan dan dapat di beli secara terpisah.

 

Sedikit sejarah Hot Wheels
Awalnya  pada tahun 1966, Elliot dan Ruth Handler, pendiri Mattel, berangkat untuk mengembangkan mobil diecast yang HOT”. Cucu-cucu mereka senang bermain dengan mobil-mobil diecast asing kecil, tapi kualitasnya kurang. Mattel memutuskan meluncurkan mobil diecast tersendiri di markas Hawthorne California. Nama merek Hot Wheels lahir pada tahun 1968, menggabungkan tema hotrod dengan desain suspensi dan roda baru mobil.
Terinspirasi oleh mobil ini, tim Hot Wheels memutuskan untuk menggunakan tema hot rod dengan cat yang menarik dan sangat detail, warna spektrum dan velg rodanya. Awalnya hanya 16 Hot Wheels, dijual seharga Rp 59rb kalau kurs Indonesia, dan diperkenalkan ke pasar pada tahun 1968, dan mereka menampilkan ban redline, cat spectraflame, tombol kolektor logam, dan beberapa beratap dan dicat hitam agar terlihat seperti vinyl
Rakitan pertama adalah Chevrolet Camaro, segera diikuti kendaraan paling populer dalam sejarah-Corvette. Masyarakat melihat Hot Wheels Corvette terlebih dahulu sebelum mobilyang sebenarnya diperkenalkan oleh GM.
Tahun 1970 adalah tonggak sejarah Hot Wheels diecast dengan pengenalan Mongoose car bersama dengan mobil promosi pertama Mattel dibuat untuk Jack in the Box dan Hot Wheels dan dipromosikan .
Di era 80-an, Hot Wheels mulai menempatkan nama di bagian bawah mobil. Pada tahun 1987, konvensi yang pertama Hot Wheels kolektor diadakan di Toledo, Ohio. Beberapa asli 16 model mobil dianggap sangat langka, dan telah dihargai oleh kolektor baik lebih dari $ 1.000 (rp 12jt / unit). Sekarang Hot Wheels bersifat internasional dan dinikmati dari semua kalangan usia.
Hot Wheels saat ini bukanlah cuma sekedar mainan ataupun pajangan biasa, ada banyak nilai tambah tersendiri untuk pencinta diecast dan bahkan memang bisa dikatakan sebagai investasi (untuk beberapa jenis mobil) karna bisa memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan saat pertama membelinya😀
Lantas bagaimana mobil “mainan” itu bisa menjadi nilai investasi?
Harga Hot Wheels sebenarnya relatif sama dikisaran 25rb, namun kalo udah di tangan kolektor dan mobil-mobil tersebut jarang ditemuin, biasanya harganya melesat naik. Range harga Hot Wheels rare ini juga nggak ada plafonnya. Makanya, beberapa mobil yang bener-bener bagus bisa diikutkan dalam lelang. Dan nggak main-main lho, dalam lelang, satu mobil bisa laku dengan harga Rp 250.000,-! Sepuluh kali lipat dari harga aslinya.
Sekarang permasalahannya adalah bagaimana untuk mendapatkan Hot Wheels rare itu🙂
Berikut beberapa ilmu yang di peroleh dari beberapa pengalaman orang lain untuk mendapatkan Hot Wheels rare , moga bisa bermanfaat🙂
Tips mendapatkan Rare Cars
Pertama, cari mobil Jepang (Subaru, Nissan, Mazda, Toyota, atau Honda).
Walaupun nggak semua mobil Jepang termasuk dalam golongan rare cars, tapi sebagian besar emang lumayan jarang ada di pasar. Mobil-mobil Jepang pasti susah ditemuin, kalopun ada, kuantitasnya nggak banyak. On the top of Japan’s brand, we have Datsun. Hampir semua mobil Datsun laku dijual lagi dengan harga yang lumayan. Harga rata-rata jenis mobil Eropa kalah sama mobil Jepang.
Datsun 620 Green and Red

Kedua, cari mobil-mobil yang diadaptasi dari film.

Hotwheels sering mengeluarkan model mobil2 yang dipakai di dalam film baik action,kartun,science viction dll. (biasanya ada judul di kiri atas card hotwheel) Batman, misalnya. Hot Wheels membuat beberapa jenis mobil yang dipake sama Mr. Batman dalam film-filmnya. Biasanya, mobil-mobil seperti ini juga langka.

Batmobile!

Hot Wheels 2010 Premiere Ghostbusters Ecto-1

Hot Wheels 2011 The A Team

Hot Wheels 2011 Back to the future Time machine

Hot Wheels 2011 Green Lantern DC-Comics

Hot Wheels 2012 Angry Birds dan Pig Minion

Hot Wheels 2012 K.I.T.T Knight Rider

Hot Wheels 2013 Toyota AE86 (initial-D)

Hot Wheels 2013 Motor Max Steel

Hot Wheels 2013 Fast and Furious

Hot Wheels 2013 USS Enterprise NCC-1701

Hot Wheels 2014 The Jetferson

Hot Wheels 2014 VW HERBIE

Mystery Machine from Scooby Doo & The Flintstones’s Stone Car!
Snoopy!

 

Ketiga adalah track stars.

Biasanya, hunters di sini juga merangkap sebagai Hot Wheels racer. Jadi, mobil yang dibeli dipake untuk balapan, bukan cuma sekedar buat diliatin dan dikoleksi.

Ciri mobil track stars yang paling gampang adalah, lebih berat dibandingkan mobil-mobil lain. Kalo beratnya cuma di depan, even better, karena akan mempercepat lajunya saat dilepaskan di trek. Berhubung di dalem mobil sama sekali nggak ada mesin penggerak, maka bentuk kebanyakan garis starttrack Hot Wheels tuh menukik seperti ini:

Tujuannya, tentu saja supaya mobilnya jalan. Ada beberapa track yang dilengkapi sama pelontar sih, khususnya kalo ada loop kayak gambar di atas. Lagi-lagi tujuannya supaya mobilnya ‘kuat’ muterin loop-nya dan nggak jatuh di tengah. Makanya semakin berat bodi mobil depan, semakin bagus. Semakin bagus, harganya akan semakin mahal, karena diburu sama racers.

 

Keempat dan paling banyak diburu adalah, Treasure Hunt ! . 

Jadi, tim kreatifnya Hot Wheels melihat perburuan vehicle langka semakin marak di pasar. Akhirnya, iseng-iseng nambahin gimmick, berupa logo seperti ini di beberapa badan mobil:

Logo ini adalah lambang dari Treasure Hunt, atau yang akrab disebut T-Hunt. T-Hunt ada dua jenis, yaitu T-Hunt reguler dan Super T-Hunt. Perbedaannya terletak pada jenis mobilnya.T-Hunt reguler biasanya diidentifikasi dari jenis mobil. T-Hunt Jeep dengan warna oranye misalnya. Otomatis, semua Jeep dengan warna Oranye udah pasti T-Hunt. Jadi yang langka adalah jenis mobilnya.

Can you spot the Treasure Hunt logo?

Sedangkan untuk Super T-Hunt, Hot Wheels mengambil jenis mobil yang sudah ada dalam versi biasa (mainline). Kemudian cat, ban (biasanya karet, kalo mainline-nya plastik), dan aksesori bodi mobilnya yang diganti. Jadi, intinya, jenis mobilnya sama, tapi dibuat dua jenis, versi mainline, yang biasanya diproduksi dalam jumlah banyak, dan versi T-Hunt, yang biasanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Supaya lebih jelas, ini ada contoh kasusnya:

Kool Kombi reguler (mainline)
Kool Kombi Super T-Hunt (ada lambang TH-nya di deket tangki bensin)

Can you spot the difference?🙂

Gampangnya sih, klo T-hunt reguler itu tertera logo pada body mobil, sedangkan super t-hunt itu terdapat logo TH di body mobil.

ada tulisan TH di bodynya

Super T-Hunt ini susaaah banget dicari. Makanya sekalipun ada yang jual, harganya udah pasti mahal. Menyusul di belakangnya, mobil-mobil T-Hunt. Ini juga lumayan mahal karena susah ditemuin.

untuk yang termahal masih depegang oleh th$ th 2012 ferrari 599xx dengan harga minimal 600rb-1jt

 

Kelima adalah Hot Wheels Error,

yaitu adalah mobil-mobil yang sebenernya cacat kemasan. Inget, cuma kemasannya aja ya yang boleh cacat, vehicle-nya harus tetep dalam kondisi baik. Cacat kemasan ini bisa berupa kendaraan dalam posisi terbalik:

Yang error yang di sebelah kanan (source)
salah madep🙂

Atau ketidaksesuaian gambar dan mobil, kayak begini:

what the?! (gambar apa, mobil apa)

Hot Wheels Error ini (berhubung sangat amat jarang kejadian) mahalnya minta ampun.

Anyway, di luar kriteria yang di sebutin di atas, masih banyaaaak banget mobil-mobil yang dicari sama kolektor. Faktornya bisa macem-macem, entah tahunnya udah lama, emang dikeluarin dengan quantity yang lebih sedikit sama Hot Wheels, atau faktor-faktor lainnya.

Contoh mobil rare diluar kriteria yang disebut di atas:

Duo Ferrari
Fiat 500
BMW K 1300 R

Hot Wheels 2011 DAN WELDON (ban karet)

Hot Wheels 2012 IMPARABLE

Hot Wheels 2012 EAGLE MASSA

Hot Wheels 2012 Spin king

Hot Wheels 2012 BLOCK

Hot Wheels 2012 Rodzilla

Umumnya, mobil-mobil Hot Wheels memiliki dua jenis warna untuk setiap seri. Ada yang cuma satu warna, tapi juga ada yang sampe tujuh warna.

Serunya, seri warna mobil tersebut biasanya nggak dirilis dalam waktu bersamaan. Jadi misalnya, mobil A diproduksi dalam dua warna, yaitu merah dan silver. Nah misalnya yang merah rilis di bulan Januari, bisa aja yang silver rilis di bulan September. Intinya terdapat jeda waktu, bisa bulanan atau bahkan tahunan.

Begitupun dengan seri. Misalnya Hot Wheels lagi ngeluarin mobil-mobil Fast Furious, udah pasti mobil-mobil tersebut nggak dirilis barengan. Tujuannya supaya penggemarnya penasaran dan tetep excited untuk hunting.

Makanya, buat ngelengkapin seri maupun warna dari koleksi Hot Wheels, kuncinya adalah sabar😀.

Jeep Scrambler

Contoh seperti jeep crambler dia atas, begitu dapet sepasang, biasanya harga jualnya otomatis naik. Misalnya satu mobil laku dijual Rp 30.000,-, kalo sepasang bisa laku dengan harga Rp 80.000,-. Prinsip ini berlaku untuk semua jenis mobil.

Selain seri dan warna, beberapa jenis Hot Wheels juga punya keistimewaan lain. Seperti Motor Batman misalnya, Hot Wheels merilis 1 juta buah motor Batman dengan seri Batpod.

Tapi kemudian, dengan cerdiknya Hot Wheels produksi 100 buah Batpod lagi, yang dilengkapi dengan Mr. Batman di sadelnya. Berhubung jumlahnya jauh lebih sedikit, bisa ditebak, Batpod yang ada Mr. Batman-nya lebih diburu, dan harganya langsung melejit naik kalo udah sampe ke tangan kolektor.

tanpa Mr. Batman
Dengan Mr. Batman
Kreatip amat ya?
Nggak heran eksis teruuus dari dulu sampe saat ini.
Fun Facts
1. Kalo mau dijual lagi, vehicle nggak boleh dibuka atau dikeluarin dari bungkusnya. Tanpa kemasannya, harga Hot Wheels biasanya menukik tajam, se-rare apapun jenisnya.
2. Hot Wheels juga merilis seri Black Box atau Mystery Car. Bentuknya begini:
Isinya apa? Ya nggak tau. Tapi kalo mau dijual lagi, plastik hitam yang nutupin bagian vehicle nggak boleh disobek. Kalo disobek dan udah keliatan apa mobilnya, maka harganya akan jadi harga Hot Wheels biasa, bukan harga Black Box lagi.
3. Waktu pertama kali dibuat, bodi Hot Wheels kebanyakan terbuat dari besi, sehingga lebih berat dan bagus. Namun, seiring berjalannya waktu, (mungkin) Hot Wheels banyak nerima komplen berkaitan sama bahan baku mobilnya. Secara ini mainan anak-anak ya, kalo dari besi, dilempar trus kena muka ya bonyok…Makanya, akhirnya Hot Wheels beralih ke plastik. Lebih murah juga dari segi cost produksi, dan yang terpenting, aman untuk anak-anak.
4. Kultur collecting and hunting Hot Wheels ini bukan cuma hip di Indonesia lho. Malah Indonesia termasuk belakangan. Di Amerika, kolektor Hot Wheels udah sebanyak bintang di langit. Selling & buyingHW pun udah ada sejak jaman purbakala. Seringnya sih di E-Bay.
5. Harga Hot Wheels berbeda-beda di setiap negara. Di Singapore, harga Hot Wheels standar Sing $3,9. Indonesia, Rp 25.000,- (saat ini, 2015). Di Amiriki, US $1. Kalo sekarang gue tinggal di Amerika, mungkin nyimpen koleksi Hot Wheels udah bukan di box lagi, tapi di kerdus, sanking banyaknya.Tapiii, harganya udah pasti segitu. Lepas dari vehicle apa yang ada di dalemnya. Pokoknya harganya dipatok sama rata. Berubah jadi lebih murah atau mahal, biasanya kalo udah sampe ke tangan kolektor yang juga seller.
6. Kenikmatan yang sesungguhnya dari koleksi Hot Wheels adalah perburuannya. Namun HW (Hot Wheels) dari kolektor meskipun mahal, mobil mereka udah pasti bagus dan punya daya jual.
***

So, berminat menjadi Hot Wheels hunters?

🙂

sumber :