Ini adalah ilmu baru yang benar-benar baru saya dapatkan saat ini, yaaa mungkin untuk orang lain yang sudah tau tulisan ini bisa saja menjadi basi, api moga saja bisa bermanfaat untuk orang yang belum mengenalnyašŸ™‚

Dalam teknik elektronika, biasanya membuat layout jalur arus untuk PCB (printed circuit board) menggunakan sistem UV Photoresist laminate, Sablon, Toner transfer paper, dan cetak langsung ke PCB menggunakan printer khusus (pembahasannya teknik-teknik tersebut bisa dilihat di finsdesign), namun dengan cara ini kita bisa menghemat biaya yang kita perlukanšŸ™‚

Sebenarnya tekniknya hampir sama dengan sablon atopun lebih condong ke toner transfer paper, jadi memanfaatkan suhu panas dengan menggunakan setrika, hanya bahannya saja yang berbeda, yaitu hanya menggunakan kertas biasa dan toner sajašŸ˜€

Berikut adalah perlengkapan yang harus disiapkan:

Bahan-bahan dan peralatan yang harus disiapkan adalah :
1. Printer Laser Jet (Tinta Toner) jika tidak ada bisa memakai hasil Foto Copy-an
2. Kertas HVS
3. Papan PCB dan ferit
4.Ā Setrika listrik
5. Air secukupnya
6. Komputer + salah satu Software (TraxMaker, Protel, Eagle, DipTrace, ExpressPCB dsb. )

Yang akan dibahas disini adalah cara pemindahan dari design layout yang sudah jadinya ke papan PCB. Jadi bukan bagaimana membuat layout dengan menggunakan software tertentu. Telah dikatakan sebelumnya bahwa tekniknya hampir sama (atau boleh dikatakan memang sama :D) dengan toner transfer paper.Ā Toner Transfer adalah cara untuk mencetak gambar layout ke PCB dengan tekanan panas untuk mentransfer toner dari kertas ke board PCB.

Kunci dari cara ini adalah pada jenis kertasnya, biasanya menggunakan kertas press n peel sheet (PNP), tapi saya disini mencoba menggunakan kertas biasa (HVS) dan ternyata hasilnya pun memuaskan (asal sabaršŸ™‚ ).

  1. Cetak gambar lay out ke kertas dengan gambar yg di mirror / inverse dengan setting toner paling gelap pada printer laser .
  2. Potong kertas sesuai gambar lay out.

    Contoh layout pada kertas

  3. Panaskan setrikaan, jangan pakai setrika uap. Setting ke temperature maksimum
  4. Taruh PCB di permukaan yang datar, oleskan papan PCB dengan toner secara merata, kemudian tempelkan layout yang telah di print dengan gambar terbalik ke bawah menghadap PCB, tekan dan tahan setrika di atas permukaan PCB, gosok (setrika) dengan merata selama beberapa menit.Ā Pastikan panasnya merata di permukaan PCB.

    Proses setrika layout pada PCB

Ketika anda sudah yakin bahwa pemanasan ini sudah cukup, biarkan pcb dingin, kemudian coba untuk menghilangkan kertas yang menempel dengan menggunakan air yang telah disediakan, gosok secara perlahan agar kertas tersebut terkelupas dari papan PCB. Jika ada gambar yang belum menempel, artinya proses pemanasan sebenarnya belum selesai, dan harus diulang, cara menghapus layout yang sebagian telah tertempel pada PCB menggunakan toner lagi (dengan cara di gosok), kemudian ulangi kembali dari langkah pertama.
Proses ini butuh eksperimen, berapa lama pemanasan dengan kertas yang berbeda, sehingga menghasilkan hasil yang optimal. Kegagalannya sebenarnya 1:3, dan bisa juga tidak gagal sama sekali asalkan kita sabar dalam menyetrikanya dan mengelupaskan kertasnya di air (dengan catatan toner telah dioleskan secara merata sebelumnya).

Layout sudah terpasang pada PCB

Langkah berikutnya adalah tinggal melarutkannya dengan feritšŸ™‚

Selamat mencobašŸ™‚