Memfokuskan diri dan terpusat dalam satu pemikiran ketika banyak permasalahan mungkin akan terasa sulit dan bahkan mungkin bisa mengakibatkan stress. Terlebih dalam zaman teknologi dan informasi sekarang ini memanglah terkesan banyak yang hal-hal yang ternyata membuyarkan kosentrasi kita dan terkadang malah justru membuang-buang waktu untuk sesuatu hal yang kurang bermanfaat, pekerjaan menjadi lalai, atau bahkan hal yang utama malah di nomer dua kan untuk dikerjakan. Berikut ini mungkin bisa untuk dijadikan solusi untuk bisa fokus dan memanfaatkan waktu lebih optimal lagi.

1. Buat sebuah ritual / kebiasaan

waspada.co.id

kebiasaan pagi mempengaruhi semangat

Semua aktifitas kita berawal di pagi hari dan berakhir saat malam hari, jadi usahakan saat kita bangun pagi kita membuat suatu pola untuk mempersiapkan aktifitas kita seharian dan pada malam hari sebelum tertidur semua hal telah dipastikan telah dikerjakan dengan baik, dengan begitu kita bisa me-refresh otak kita saat kita tertidur. Kebiasaan di pagi hari bisa dilakukan dengan cara membuat pagi itu dalam keadaan yang tenang, misalnya dengan cara beribadah, meditasi, membaca, dan membuat catatan di pagi hari ataupun melihat catatan apa yang harus dilakukan hari ini. Sedikit peregangan bisa dilakukan untuk melemaskan otot dan mempersiapkannya beraktifitas seharian. Selalu pastikan diri kita telah bersih dan segar (mandi), serta memiliki menu dan konsumsi sarapan yang sehat. Tidak ada salahnya juga kita sedikit jalan-jalan pagi tiap hari, walaupun hanya berjalan di daerah lingkungan rumah.

Saat menjelang tidur, pastikan kita telah membersihkan / mencuci piring atau gelas kotor yang ada. Membersihkan diri sebelumnya (mandi), minimal cuci muka kalau sudah terlalu larut malam. Untuk sedikit mereview dan menambah pengetahuan, usahakan kita membaca buku sebelum tidur. Tidak perlu melakukan hal yang langsung luar biasa ataupun sempurna untuk menghasilkan suatu hasil yang luar bisa bukan?!

2. Atur pekerjaan

Dalam rutinitas pekerjaan yang begitu padat, sudah selayaknya kita memanfaatkan waktu yang ada untuk sedikt beristirahat. Gunakanlah timer untuk mengingatkan anda untuk sejenak beristirahat, misalnya di setting 50 menit untuk bekerja ddan 20 menit unutk beristirahat. Saat memanfaatkan waktu istirahat, usahakan jauhkan diri dari internet dan gunakanlah buku catatan dan pensil untuk keperluan mencatat apa yang kita fikirkan dan apa tahapan kerjaan kita yang harus diselesaikan.

3. Atur waktu luang

Saat kita mendapatkan waktu luang untuk bersantai, jangan memanfaatkannya untuk hal-hal yang kurang begitu bermanfaat. Lakukanlah satu hal yang bermanfaat, misalnya membaca buku (bacalah buku yang ada di depan kita). Singkirkan segala hal yang kira-kira mengganggu atau membuyarkan konsentrasi pada pekerjaan di ruang kerja / meja kerja kita. gunakan waktu 10 menit untuk memilah pekerjaan yang menjadi prioritas utama dan yang bukan untuk di selesaikan hari itu juga.

4. Kontrol teknologi dan informasi

Teknologi dan informasi memang banyak manfaatnya, namun kalau kita tidak bisa megontrolnya hal tersebut bisa jadi malah terlalu terlena yang mengakibatkan pekerjaan kita terbengkalai.Di waktu kerja atau saat kita sibuk dengan pekerjaan atau penuh tugas yang harus dikerjakan, usahakan jangan sampai kita terlalu asyik mengecek email, mengutak-atik handphone/blackberry/i-pad, membuka facebook atau jejaring sosial lainnya, dan menonton tv. kalau hal itu dilakukan, kita justru cenderung merasa penasaran dan malah sibuk dengan hal-hal yang justru bukan prioritas kita sendiri. Manfaatkanlah teknologi dan informasi untuk mempermudah pekerjaan kita, bukan malah memperlambat pekerjaan kita. Berkreasilah untuk membuat sesuatu hal yang bermanfaat, menyediakan waktu untuk keluarga dan teman, dan membaca buku dapat mengatasi ketergantungan terhadap hal yang tidak bermanfaat dari media teknologi dan informasi.

5. Atasi ketergantungan

Saat kita sudah ketergantungan media teknologi dan informasi (jejaring sosial misalnya) akan terasa sulit untuk bisa fokus pada pekerjaan yang kita lakukan bahkan bisa berdampak pada psikologis kita sendiri. Buatlah sebuah  program untuk membatasi diri dari ketergantungan tersebut dengan sebuah komitmen yang kuat. rasakanlah kebebasan dengan menyediakan waktu tanpa internet, kontrol diri dengan memblokir situs-situs yang kurang bermanfaat, buatlah program untuk menulis tiap hari (dengan membuat ruang untuk menulis misalnya).

6. Sediakan waktu untuk berefleksi dan mengevaluasi diri

amalchips.blogspot.com

sedikit waktu untuk banyak perubahan

Perlu adanya evaluasi diri dalam diri kita tiap harinya, bisa dilakukan saat mau beranjak ke tempat tidur ataupun saat semua hal telah dikerjakan dengan baik hari itu. Fikikan dan renungkanlah “apa yang telah kita kerjakan hari ini?”, “apakah kegiatan yang telah dilakukan hari ini sangat bermanfaat untuk diri kita?”, ” apa yang akan difokuskan untuk dikerjakan besok?”, “dapatkah kemampuan dan pengetahuan saya bertambah / meningkat dari apa yang kita kerjakan?”, dan saat pagi hari nanti kita sudah bisa mencantumkan atau melihat apa yang akan kita kerjakan (buat daftar 3 hal terpenting yang harus dikerjakan) dan jangan buka email sampai pekerjaan kita telah selesai dikerjakan.

Semoga poin-poin tersebut dapat membuat kita fokus pada apa yang harus kita kerjakan hari ini. Selamat berkarya dan selamat beraktifitas dengan baik.

🙂