Dalam hal pembuatan/perekaman sebuah video pasti memerlukan sebuah konsep yang benar kemana arah video yang direkam tersebut. Dalam dunia perekaman video atau film, dikenal dengan yang namanya skenario, nah sebenarnya apa sih arti dari skenario itu sendiri?

tulis skenario

skenario

Skenario merupakan gambaran tertulis dari keseluruhan isi video yang ingin di buat. Skenario berisi kerangka cerita dalam bentuk dasar rangkaian yang adegan-adegannya tidak terlalu dirincikan. Membuat skenario sama seperti membuat kerangka suatu karangan tulisan panjang. Sama halnya kerangka tulisan, kerangka-kerangka cerita ini bisa dijadikan patokan tertulis untuk proses produksi video berikutnya. Skenario dibuat sebelum proses shooting dilakukan. Tujuannya agar poin-poin materi video yang dibutuhkan bisa dicari sekaligus saat shooting. Selai itu berguna agar pekerjaan kita tertata rapi dan terkonsep, sehingga bila ada kekurangan masih bisa diperbaiki sebelum terlanjur selesai shooting.

Berikut ini merupakan contoh pembuatan skenario dalam memproduksi video pernikahan.

  1. Opening
  2. Cuplikan adegan penting
  3. Tampilan suasana tempat pernikahan
  4. Proses Ijab Kabul
  5. Proses sungkeman
  6. Sesi foto dokumentasi
  7. Susunan pesta
  8. Kesibukan pekerjaan
  9. dst.

Tentu saja perlu pemikiran tentang perencanaan atau hasil seperti apa yang diinginkan dari proses perekaman itu sendiri, dengan begitu skenario pun pasti akan mudah dibuat dan jelas juntrungannya kemana.

Selamat mencoba🙂